• Kelulusan UKMPPG Tahap 1
  • Hab Kemenag 2024

Refreshment Lokakarya Perangkat Pembelajaran bagi Dosen dan Guru Pamong Batch II Tahun 2023

25 September 2023

(Pekalongan, 25 September 2023) - Program Studi Pendidikan Profesi Guru menyelenggarakan kegiatan Refreshment Lokakarya Perangkat Pembelajaran bagi Dosen dan Guru Pamong Batch II Tahun 2023 di Hotel Santika, Pekalongan. 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Dr. Muhamad Jaeni, M.Pd. M.Ag. Wakil Dekan I menyampaikan bahwa PPG merupakan program kemanusiaan. Ribuan guru perlu menunggu hingga puluhan tahun untuk dapat ikut serta dalam program PPG. Muhamad Jaeni menyampaikan dosen dan guru pamong harus memiliki kesabaran dalam mendampingi dan mengarahkan mahasiswa PPG dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam program PPG Dalam Jabatan Batch II Tahun 2023 merupakan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. 

Kegiatan refreshment kali ini mengundang salah satu tim pengembang kurikulum madrasah Kemenag RI yang sekaligus Dosen Sunan Giri Surabaya, Dr. M. Amin Hasan, M.Pd. Amin menyampaikan bahwa pembelajaran pada Kurikulum Merdeka bukan menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka yang disesuaikan dengan keadaan peserta didik, dengan tetap memberikan hak pendidikan yang sama untuk semua peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan perbedaan setiap individu. Inti dari kurikulum merdeka yaitu adanya asesmen awal dan pelaksanaan  pembelajaran berdiferensiasi. 

Narasumber menjelaskan bahwa asesmen awal dilakukan secara fleksibel baik secara waktu, konten maupun tekniknya. Asesmen dilakukan untuk mengetahui kesiapan peserta didik pada kompetensi yang akan dipelajari. Asesmen awal dilakukan untuk melihat minat, gaya belajar dan kemampuan awal peserta didik. Hasilnya digunakan untuk merancang pembelajaran agar sesuai dengan tahap pembelajaran peserta didik. Guru perlu merancang pembelajaran berdiferensiasi yang memberi ragam karakteristik peserta didik. 

Dosen dan Guru Pamong peserta menyimak dan antusias menyampaikan pendapat.

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree